Batam Street Parade Jadi Event Tahunan


Posted on: 18 June 2016

batampos.co.id – Event Batam Street Parade (BSP) 2016 baru saja usai dan ditutup Minggu (1/5/2016) pukul 17.00 WIB di Lapangan Engku Putri. Sebelumnya acara ini juga dibuka oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi pada pukul 07.30 WIB.

 

 

Acara ini dibuka oleh penampian drum band dari Kodim 0136 Batam, beberapa atraksi mereka sempat mengundang tepuk tangan dari peserta dan masyarakat yang hadir dalam acara BSP ini.

Kejuaraan tingkat nasional ini, diikuti oleh 32 unit yang terdiri dari kategori Taman Kanak-Kanak (TK), Junior dan Senior. “Sekolah dan umum dari Batam, Bintan dan Aceh,” ucap Ketua Pelaksana, Badriya.

Dia mengatakan tentu jumlah ini di luar ekspetasi, karena biasanya di kota lain event perdana ini hanya diikuti kurang dari 10 unit. “Kami berharap ada provinsi lain yang akan ikut serta mengingat animo unit luar sangat besar untuk ingin bermain di Batam,” ujarnya.

Ada tiga jenis mata lomba yang digelar, yakni display, drum battle, dan street parade. “Display dan street parade masing-masing mengikuti semua, hanya drum battle yang diikuti oleh 9 unit peserta,” ungkapnya.

Hasil kejuaraan marching band mata lomba display kategori TK juara satu TK Ra Shafa, juara dua TK Al Kaffah dan juara tiga TK Darul Huda. Kategori junior juara satu SD 01 Seibeduk, juara dua SD 06 seibeduk dan juara tiga SD 05 Seibeduk. Kategori Senior yakni juara satu SMP Al- Khautsar, juara dua SMP Al- Zainiyah dan juara tiga SMP 6 Batam.

Mata lomba drum battle diraih oleh Maritim Aceh untuk juara satu, juara berikutnya berurutan SMP Al-Kautsar, SMP 6 Batam, SMP Al-Zainiyah, SMP 29 Batam dan SD Kartini.

Parade street kategori TK dimenangkan oleh juara satu TK Ra Shafa dan mengikuti juara berikutnya secara berurutan TK Al-Huda, TK Aqish, TK Charitas Sukajadi, TK Kartini 2 dan TK Ra Darul Huda. Kategori junior dimenangkan oleh juara satu SD 06 Seibeduk dan mengikuti secara berurutan juara berikutnya SD 01 Seibeduk, SD 05 Seibeduk, SD Kartini Batuampar, SD 02 Batuampar, dan SD 03 Bengkong. Kategori senior juara satu diraih oleh Maritim Bintan Corps dan diikuti oleh juara berikutnya secara berurutan SMP Al-Khautsar, Pariga Genderang, SMP Al-Zainiyah, SMP 44 Batam dan SMP 34 Batam.

Penjurian ini berdasarkan penilaian visual, musik dan general effect. Juri yang hadirpun langsung dari World Association Marching Show Band (WAMSB). “Jadi ini event nasional namun penjuriannya bertaraf Internasional,” ucap Badriya.

Event yang pertama kalinya digelar di Batam ini, dicanangkan akan menjadi agenda tahunan Batam. Terlebih acara ini dimaksudkan sebagai daya tarik wisatawan. “Selain itu memang ini sebagai wadah kegiatan marching band di Batam,” ujarnya.

Sebelumnya acara serupa juga pernah digelar di kota lain, di antaranya Banjarmasin Open Marching Band dan Bogor Street Festival.

“Puncaknya acara Internasional yakni Sandi Nusa Internasional Maching Band Competition. Tahun lalu diikuti oleh lima negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filiphina, Thailand dan Kamboja,” papar Kepala Bidang Umum Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI), Gatut Susanta.

Nantinya, Gatut berharap acara ini akan menjadi pendorong bagi insan marching band tampil di ajang Internasional juga. “Mudah-mudahan banyak juga yang dari Batam tampil di Sandi Nusa Internasional Maching Band Competition,” tambah Ketua Umum Sandinusa itu.

Kegiatan ini, lanjut Gatut merupakan bentuk pembinaan generasi muda dan meningkatkan wisatawan ke Batam. “Oleh karena itu, piala yang diperebutkan itu piala Kementrian Pariwisata,” tutupnya. (cr18/bp)

Sumber : http://batampos.co.id/2016/05/02/batam-street-parade-jadi-event-tahunan/

Versi cetak

Berita Terkait


Kalender Harian

    « Sep 2017 »
    Minggu
    Senin
    Selasa
    Rabu
    Kamis
    Jumat
    Sabtu
    27 28 29 30 31 1 2
    3 4 5 6 7 8 9
    10 11 12 13 14 15 16
    17 18 19 20 21 22 23
    24 25 26 27 28 29 30
    1 2 3 4 5 6 7
Statistik Website

    Visitors :16764 Visitor
    Hits :62705 hits
    Month :411 Users
    Today : 26 Users
    Online : 1 Users
Google Map


BANNER

price and packages-Call-to-action-Icon

Sekolah Charitas mengembangkan aspek intelektual, spiritual, sosial, emosional dan seni, juga membangun manusia pembelajar seumur hidup. Agar menjadi manusia yang utuh, cerdas dan mandiri, mempunyai kepekaan terhadap sesama melalui keteladanan Cinta Kasih dan kegiatan yang terprogram (Intrakuriler dan Ekstrakuriler).