Sekolah Charitas Batam
Rubrik : Event Article
Study Tour kelas VIII SMP Charitas 2016
2017-02-15 13:37:04 - by : admin
Sebanyak 26 siswa/i kelas delapan SMP Charitas Batam mengikuti study tour ke pulau Jawa didampingi oleh 3 guru dan 3 orang tua siswa. Berangkat dari Batam pada hari Senin, tanggal 31 Oktober 2016. Tiba bandara Adisucipto disambut oleh tour guide lokal menuju bus pariwisata untuk melanjutkan perjalanan menuju desa Wisata Penting Sari daerah Sleman, perjalanan ditempuh selama 2 jam. Memasuki kawasan pedesaan disambut oleh warga setempat dengan hidangan ala kampung sayur asem dan ikan asin, tahu dan tempe bacem, ditemani semilir angin kali kaki gunung dan dihangatkan oleh teh khas yang membuat suasana semakin sempurna.



Setelah selesai bagi kelompok, segera menuju rumah penginapan yaitu rumah warga petani setempat, bergegas membawa tas dan koper dibimbing oleh induk semang tempat mereka menginap. Disambut dengan makanan cemilan khas dan teh hangat, induk semang mulai memperkenalkan isi rumah dan berharap bisa menginap bersama mereka dengan senang.

Kamar yang dilengkapi 2 atau 3 tempat tidur dilengkapi dengan alat tidur seadanya, semua siswa mulai berkemas dan menyesuaikan diri dengan rumah barunya. Air gunung yang sangat dingin menyentuh tubuh yang lelah menjadi segar kembali. Setelah selesai beres-beres, dilanjutkan dengan membatik bersama diajarkan oleh warga setempat, yang hasilnya bisa dibawa pulang ke Batam. bergegas menuju gajebo tempat untuk makan malam dan rekreasi bersama. Dimulai dengan sambutan oleh penatua warga bercerita tentang kehidupan warga desa penting Sari.
Setelah itu dilanjutkan dengan makan bersama, berbeqiu. Panggang ikan hasil panenan warga, dilanjutkan oleh permainan rekreasi bersama. Saking asyik nya bermain dan penasaran dengan permainan yang memecahkan rekor pemainan menjadi lama karena belum kesampaian, akhirnya berhasil meraih rekor terbaik yang pernah diikuti oleh sudah banyak rombongan peserta nsebelumnya.


Malam hari menjadi malam yang panjang, menikmati hidup bermukim di rumah warga desa yang jauh dari keramaian kota. Dihibur oleh suara-suara binatang peliharaan dan serangga malam. Pagi-pagi pukul 5 pagi kicauan burung sudah sangat jelas dan di luar rumah sudah mulai terang, siswa-siswi kaget dan keluar rumah, “benar ini masih jam 5 pagi, koq sudah sangat terang ya?!”



Pagi hari diawali dengan olahraga mengelilingi wilayah desa dan menelusuri sungai dan kembali ke pendopo untuk sarapan pagi dan dilanjutkan dengan permainan bersama melewati jembatan pohon kelapa dan nyebur di dalam kolam yang penuh lumpur. Setelah selesai sarapan bersama dilanjutkan dengan persiapan untuk perjalanan berikutnya, setelah itu pamitan dan ucapan terima kasih kepada induk semang.
Berangkat menuju Ambarawa, untuk mampir berkunjung ke SMA Sapientiae. Sesampai di sekolah tersebut diawali dengan sambutan formal dari pihak kepala sekolah dan guru-guru, kemudian keliling lingkungan sekolah sampai asrama dan dilanjutkan dengan menyaksikan pertunjukan seni oleh siswa-siswi SMA Sedes Sapientiae yang luar biasa. Penyambutan yang sangat mengesankan membuat rombongan study tour semakin bersemangat melanjutkan perjalanan.

Perjalanan di lanjutkan ke wisata Kopi Banaran Agro. Setelah makan siang di Gazebo Kopi Banaran dilanjutkan dengan naik kereta keliling menelusuri bukit-bukit perkebunan kobi yang sangat menantang. Setelah selesai acara di Banaran dilanjutkan kunjungan ke Wisata Goa Maria Kerep Ambarawa, berdoa bersama mohon perlindungan dan rahmat melalui bunda Maria, foto-foto bersama, belanja dan dilanjutkan perjalanan menuju kota Solo. Makan malam dan bermalam di kota Solo, di Hotel Lozi untuk istrahat dan melepas lelah. Esok paginya setelah sarapan pagi dilanjutkan kunjungan ke Museum Sangiran, Museum Purbakala Sangiran adalah museum arkeologi yang terletak di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Siswa-siswi mulai melihat fosil-fosil manusia purbakala dan mendengarkan sejarah terbentuknya hidup manusia purba di pulau Jawa.

Siang harinya, setelah makan siang di restoral local, perjalanan dilanjutkan untuk kunjungan ke Candi Prambanan. Meskipun cuaca kurang mendukung, karena hujan, namun tetap semangat untuk melihat dan mengetahui  sejarah candi Hindu terbesar tersebut yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Didampingi oleh seorang juru wisata yang menjelaskan nama-nama dan sejarah candi yang ada disana. Setelah mengelilingi semua Candi, kembali melanjutkan perjalanan menuju Jogyakarta. Dalam perjalanan singgah ke toko Dagadu untuk membeli oleh-oleh untuk dibawa ke Batam.


Setelah selesai makan malam di restoran terdekat dilanjutkan dengan belanja oleh-oleh di Malioboro, siswa-siswi dibagi dalam kelompok kecil untuk bersama-sama mencari oleh-oleh yang akan dibeli, dengan belajar menawar harga barang yang ingin di beli untuk diri sendiri orang tua dan saudara dan teman di Batam. Banyak siswa yang merasa puas belanja disana, karena harganya yang cukup murah dan terjangkau untuk dibeli. Setelah selesai belanja bersama, kembali check in ke hotel Dafam, dan bermalam disana selama dua malam.

Pagi hari berikutnya dilanjutkan kunjungan Benteng Vrendenburgh, melihat monumen sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia sampai pada proklamasi kemerdekaan. Kemudian menyeberang ke Kraton Jogyakarta. Disana di perkenalkan sejarah dan silsilah kraton Yogyakarta yang masih terawatt dengan rapi yang masih melukiskan kejayaan nya pada masa lampau.

Setelah selesai kunjungan ke Kraton dilanjutkan kunjungan wisata pantai Parangtritis, disini siswa siswi dapat bermain bersama, naik andong, naik kuda, naik mobil ATV atau All Terrain Vehicle adalah kendaraan roda empat yang dapat digunakan di segala medan, seperti halnya motor  trail.  Setelah matahari mulai terbenam, rombongan study tour menuju penginapan, dan sebelumnya makan bersama di sebuah restoran local ternama.

 

Pagi harinya langsung check out dan langsung melanjutkan kunjungan ke museum Merapi, Di museum ini siswa/i dapat mempelajari tentang Gunung Merapi dari sisi legenda dan mitos, kearifan lokal, sejarah letusan, serta melihat sisa-sisa erupsi . Di museum ini wisatawan dapat mempelajari tentang Gunung Merapi dari sisi legenda dan mitos, kearifan lokal, sejarah letusan, serta melihat sisa-sisa erupsi. Dan setelah selesai kunjungan museum tersebut, langsung menuju bandara dan akhirnya semua sampai di Batam dengan selamat.
Sekolah Charitas Batam : http://sekolahcharitas.sch.id
Versi Online : http://sekolahcharitas.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=20